Powered By Blogger

Sabtu, 19 Maret 2011

PRAKTEK MEMASANG KABEL UTP KE CONNECTOR (TIPE STRAIGHT)

Hardware dan peralatan yang harus disiapkan yaitu :
1. Dua buah komputer.
2. Kabel UTP sesuai kebutuhan, kabel untuk transmisi data ini ada 5 kategori untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan 5, untuk kategori tiga bisa transmisi data 10mbps dan untuk kategori 5 bisa sampai 100mbps  saya disini menggunakan kategori 5, untuk merk kabel sebenarnya terserah anda tapi untuk yang relatip murah dan bandel pilih merk belden.
3. Connector RJ-45 sesuai dengan kebutuhan. bentuknya mirip colokan telpon rumah, cuman agak besar.

4. Crimping Tool, Tang khusus untuk memasang konektor ke kabel UTP, didalam tang ini sudah lengkap dengan pemotong kulit kabel dan pemotong kabelnya, jadi temen-temen ga usah memotong kabel ini dengan cutter atau silet karena tidak efektif dan efesien.

5. Switch.
6. LAN Tester,alat ini berfungsi untuk mengecek/memeriksa sambungan kabel, bentuknya seperti kotak dan ada lampu LED nya juga bisa kedap kedip lagi.

Nah, untuk selanjutnya langkah-langkah dalam pemasangannya, ikuti yah..
- Kupas menggunakan crimp tool ujung kabel sekitar 1cm, sampai 8 kabel berwarna kecil didalamnya keliatan.
- Pisahkan kabel-kabel tersbut, Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya  menggunakan crimp tool sehingga rata satu sama lain.
- Setelah kabel tersusun, ambil Connector RJ-45. Connector ini terdiri dari 8 pin. Pastikan Pin 1 dari connector ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Anda, selanjutnya berurutan pin 2,3 dan seterusnya.
- Selanjutnya masukan kabel-kabel yang sudah diluruskan tersebut ke konector RJ45 sesuai dengan urutan yang tadi sebagai berikut: 
* Orange putih = pin 1
* Orange         = pin 2
* Hijau putih    = pin 3
* Biru              = pin 4
* Biru putih      = pin 5
* Hijau            = pin 6
* Coklat putih  = pin 7
* Coklat          = pin 8
- masukan kabel tersebut mentok sampai didalamnya(konector), sebelum di press menggunakan crimp tool teman-teman coba periksa kembali kabel-kabel yang telah masuk ke konector, apakah sudah benar pemasangannya karena ada kemungkinan setelah kabel dimasukan ke konector tanpa sadar tangan kita merubah/menggeser urutan kabelnya, apabila sudah benar maka tekan (press) menggunakan crimp tool , perhatikan agar penekanannya(press) dengan keras, karena kalau tidak keras kadang pin tersebut tidak tembus kedalam isolasi kabelnya.
- Periksa kabel yang telah terpasang tersebut dengan menggunakan lan tester, apabila lampu LED nya menyala semua berarti anda berhasil, tapi kalau belum teman-teman kurang beruntung, coba periksa kabelnya apakah sudah benar korespondensinya 1-1? atau dalam pengepressannya kurang benar sehingga tidak tembus keisolasi kabelnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar