Powered By Blogger

Minggu, 03 April 2011

PRAKTEK MEMASANG KABEL UTP KE CONNECTOR (TIPE CROSSOVER)

         Kemarin kita sudah membahas tentang pemasangan kabel UTP tipe straight, sekarang kita membahas  pemasangan kabel tipe cross, dimana peralatan dan hardware yang digunakan sama seperti sebelumnya yaitu : - Dua buah komputer atau lebih
- Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) sesuai kebutuhan
- Connector RJ-45  sesuai kebutuhan
- Crimping Tools atau Tang Crimping
- Switch
- LAN Tester 

Langkah-Langkah :
- Kupas ujung kabel sekitar 1 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
- Pisahkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya. Urutkan kabel tersebut seperti gambar dibawah ini:


Ujung pertama:
putih oranye
oranye
putih hijau
biru
putih biru
hijau
putih coklat
coklat

Maka di ujung yang lain harus dibuat begini:
putih hijau
hijau
putih oranye
biru
putih biru
oranye
putih coklat
coklat


- Setelah kabel tersusun, ambil Connector RJ-45. Connector ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari connector ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Anda. Berurut ke kanan adalah pin 2, 3, dan seterusnya.
- Kemudian masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam RJ-45 sesuai dengan urutan, pastikan kabel tersebut mentok sampai didalam ujung konector.
- Masukan Konector RJ-45 yang sudah terpasang dengan kabel tadi ke dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang.
- Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel.

Sekarang kita sudah selesai memasang Connector RJ-45 dengan tipe cross. Selanjutnya kita tinggal tes kabel tersebut dengan LAN tester. Pasang kedua connector pada Lan tester, nyalakan Lan testernya. Untuk tipe cross urutan led yg menyala ada yang bersilangan, yaitu led 1 dengan led 3, led 2 dengan led 6, led 3 dengan led 1, led 6 dengan led 2, sisanya akan menyala secara berurut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar